Jumat, 02 Maret 2012

MODIVIKASI :Honda BeAT DRAG

Honda BeAT, Bermain Piston dan Klep Ringan

Kecintaannya pada motor kenceng membuat Bayu Adi yang tinggal di Jl. Pam Baru Raya, No. 12, Bendungan Ilir, Jakata Pusat ini, rela begadang demi Honda BeAT lansiran 2010 miliknya.  Eits, doi hanya mau main di kelas seher 58,5 mm saja.

“Motor saya ini memang khusus buat main piston 58,5 mm. Peranti itu tidak boleh lebih dari diameter yang diterapkan dengan jarak 500 meter. Soalnya setiap menang, motor harus di scrut lewat cara dibongkar,” bilang Bayu.

CDI pakai Kitaco
Rahasia kencangnya BeAT Bayu, tak lepas dari tangan dingin Ichsan Harry Prastyo. “Piston pakai Honda Sonic 58,5 mm. Karena diameter pen pistonnya sama. Yaitu, 13 mm,” jelas mekanik yang membuka bengkel Timuran Motor (TM) di Jl. Karet Baru Bata I, No. 12, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Tapi, supaya kitaran rpm lebih cepat mengail napas, mekanik yang biasa disapa Botak ini membuat enam lubang di piston. “Lubangnya sebesar baut ukuran 8 mm. Ada empat lubang pada bagian samping pen kanan dan kiri. Lalu, dua lubang lainnya ada di dinding piston,” katanya.

Selain piston, klep juga aplikasi punya Sonic. Yaitu, 28 mm (in) dan 24 mm (ex). Seirama penggebuk ruang bakar, klep juga dibuat ringan. Payung klep dipapas lagi hingga beratnya berkurang 6 gram. “Jadi seimbang, enggak hanya piston yang jadi cepat naik-turun. Tapi, klep juga ringan. Jadi putaran bawahnya lebih cepat,” tambah Botak.

Piston Sonic dibikin bolong biar enteng (kiri) - Klep dibikin tipis biar ringan (kanan)
Kompresi ditetapkan di 13,5 : 1. Selain lewat tingginya dome piston, kepala silinder juga ikut dipapas sekitar 0,4 mm. Squish dibuat 9 derajat dan kubah mengikuti diameter piston.
Dukungan mesin yang sudah membengkak tadi, membutuhkan suplai bahan bakar dan udara yang cukup. Hasilnya, karburator Keihin PE 28 dipasangkan di skubek Bayu ini. Main jet 118 dan pilot jet 42 dipercaya buat antar campuran udara dan bensol. Sistem pengapian ikut dibenahi. “Buat CDI pakai merek Kitaco dan koilnya dari Suzuki RM125,” tutup Botak.(motorplus-online.com)

 DATA MODIFIKASI
Pelek depan : TK Excel 1,20x17
Pelek belakang : TK Excel 1,40x17
Ban depan : Swallow 50/90-17
Ban belakang : Eat My Dust 60/80-17
Sok belakang : YSS

Penulis : Jotos | Teks Editor : Nurfil | Foto : Jotos

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar

 
emotion ======